Bagi anda yang sedang berusaha untuk ninggiin badan… jangan putus asa dan tetap semangat.. sekedar informasi tentang makanan penunjang untuk mencukupi nutrisi tulang.

Asupan nutrisi tepat dan lengkap merupakan faktor penting dalam upaya memberi asupan yang cukup untuk tulang serta pembentukan blok otot sebagai sistem penyangga tulang. Perlu diingat bahwa dalam menambah tinggi badan bukan hanya menambah panjang struktur tulang tetapi juga harus diimbangi dengan pembentukan otot sebagai sistem penyangga tulang.

Makanan yang tepat untuk menambah tinggi badan adalah makanan yang mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, diantaranya : Phenylalanin, Methionin, Lysine, Valine, Tryptophan, Leucine, Isoleucine. Unsur-unsur asam amino tersebut terkandung dalam susu, keju, ikan, daging, telur, dll. Unsur-unsur ini kebanyakan terdapat pada produk hewani ketimbang nabati tetapi untuk pola makan sehat usahakan disertai dengan sayuran untuk memenuhi asupan yang cukup untuk tubuh.

Untuk memenuhi asupan nitrisi bagi tulang, tidak harus serta-merta membabi-buta memakan semuanya secara bersamaan (masalahnya lagi semangat2nya nih ninggiin badan,, hehehe,, :-) tetep semangat). Hal ini di karena lambung dan usus kita mempunyai batasan dalam mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Usahakan jangan berlebihan karena kelebihan asupan yang kita makan yang tidak dapat di serap oleh usus pada akhirnya akan dibuang bersama dengan hasil metabolisme yang lain dalam bentuk feses. So,,,, udah makan banyak2 tapi ga diserap oleh tubuh, rugi kan!! hehehe…

Jadi gimana donk??

*sedikit saran mudah2an bermanfaat… aturlah pola makan anda, misal:

1. Minum susu

Minumlah susu dengan takaran yang tepat misalnya satu gelas kecil dan dilakukan pada pagi, sore, dan malam lebih baik daripada minum susu 2 gelas besar dalam satu waktu. Sekali lagi ingat usus kita mempunyai batas dalam menyerap makanan.

Sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan menjelang tidur, karena di pagi hari pada saat kita bangun badan kita meregang secara maksimal (catatan: tidur kita maksimal/lelap), dan pada saat malam hari karena saat kita tidur hormon pertumbuhan kita bekerja secara optimal.. (klo ga percaya ukur aja tinggi badan kita pas bangun tidur.. biasanya lebih tinggi 1-2 cm dari biasanya). Pilih susu yang mengandung vit. D dan dilengkapi oleh mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tulang,, (usahakan ngga pilih susu dengan berbagai pilihan rasa.. karena biasanya lebih sedikit mengandung vit.D nya.. hihihihi)

2. Telur, ikan, daging

nah kalo yang ini.. sudah pasti banyak kebaikan yang terkandung dalam masing-masingnya.. (terlalu panjang klo di tulis.. hehehe). yang penting harus selalu ada dalam menu setiap kali kita makan.

3. keju

bagi yang suka keju bisa juga masuk dalam daftar makanan pilihan… bisa disandingkan dengan roti… wah enak kyknya,, heheh.

mungkin masih banyak lagi makanan lainnya yang dapat membantu memberi asupan nutrisi bagi pertumbuhan tulang. Namun makanan yang disebutkan di atas merupakan makanan yang termasuk dalam golongan kelas 1 dalam memberikan asupan nutrisi bagi tulang.

Hal-hal lainnya yaitu perhatikan lambung dan usus anda.. semua trgantung pada kemampuan lambung dan usus dalam mencerna, memecah, serta menyerap sari-sari makanan yang kita makan.

Bisa juga di lengkapi dengan suplemen yang alami. klo konsumsi obat tidak disarankan tanpa resep dari dokter…

hehehe.. segitu dulu mudah2an bermanfaat…