ahhhh seger.. hehehe itulah rasa yang timbul saat kita minum wedang jahe.. bikin pernafasan plong,, dada serasa lega..

ternyata selain memberi rasa segar tumbuhan yang ber genus Zingiber ini memiliki banyak khasiat, diantaranya sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dan getah empedu.

Penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain : Ebookpangan.com

• Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.

• Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak..

• Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.

• Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabok perjalanan.

• Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

• Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Umumnya dikenal 3 macam jahe, yaitu :
1) Jahe putih/kuning besar atau jahe gajah
2) Jahe putih/kuning kecil
3) Jahe merah

so…
dari segelas jahe setiap hari banyak manfaat sehat secara alami yang bisa diperoleh..
mulailah sehat dari bahan alami…
mudah-mudahan bermanfaat,,,, :-))